Rabu, 17 Agustus 2011

LONG WALK TO FREEDOM

“Saya tidak pernah berpikir bahwa hukuman seumur hidup benar-benar kehidupan yang buruk dan saya akan mati di balik terali besi. Barangakli saya menyangkal kemungkinan ini karena terlalu tidak menyenangkan untuk direnungkan. Tetapi saya selalu tahu bahwa suatu hari saya akan merasakan kembali rumput-rumput dibawah kaki saya dan berjalan di bawah sinar matahari sebagai orang-orang yang bebas.”

“Pada dasarnya saya adalah seorang optimis. Apakah itu berasal dari alam atau pengasuhan, saya tak bisa katakana secara pasti. Bagian dari perasaan optimis adalah mempertahankan kepala seseorang agar selalu mengarah ke matahari, dengan satu kaki melangkah ke depan. Ada banyak momen gelap ketika keyakinan saya terhadap kemanusiaan mengalami ujian berat, tetapi saya tidak akan dan tidak dapat menyerahkan diri saya pada keputusaaan.”



NELSON MANDELA

Tidak ada komentar: